Kunjungan Dr. Andreas Kunzmann dari ZMT (Center for Tropical Marine Ecology), Bremen

Pada hari Selasa, 25 Agustus 2015, Dr. Andreas Kunzmann dari ZMT, Bremen mengunjungi Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI. Dr. Kunzmann memberikan presentasi mengenai ZMT (Center for Tropical Marine Ecology), Program Master ISATEC (International Studies in Aquatic Tropical Ecology), Program Ph.D. SUTAS (Sustainable Use of Tropical Aquatic Ecosystems) dan GLOMAR (Bremen International Graduate School for Marine Sciences) kepada para peneliti Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI.

Beliau memberikan penjelasan pula mengenai beberapa proyek yang akan dilakukan pada bulan November atau Desember 2015, yaitu GINAICO (German-Indonesian Antiinfective Cooperation) dan ACUTE (Aquaculture Practice in Tropical Coastal Ecosystems) mengenai senyawa bioaktif dan akuakultur. Dan kedua proyek tersebut, ZMT telah bekerjasama dengan Pusat Penelitian Oseanografi-LIPI dan sedang mencari partner atau rekanan yang berlokasi di Kawasan Timur Indonesia. Dibicarakan pula mengenai IMTA (Integrated Multi Trophic Aquaculture) dan scientific diving yaitu pendidikan resmi untuk mendapatkan lisensi/sertifikat khusus untuk melakukan kegiatan menyelam dalam rangka penelitian.

Dr. Kunzmann juga mengunjungi laboratorium yang terdapat di Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI dan Kapal Riset Baruna Jaya VII, disamping melakukan kunjungan ke gedung rektorat dan laboratorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura, Ambon.

Artikel ini ditulis oleh Humas Puslit Laut Dalam-LIPI (01 Agustus 2015)

Artikel ini diunggah oleh Rini Widihastuti (02 Agustus 2015)

Komentar