Partisipasi Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI dalam Pameran Maluku Fair 2015

Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI turut berperan serta dalam Pameran Maluku Fair 2015 yang dilaksanakan pada tanggal 4 – 7 September 2015 di Lapangan Merdeka Ambon. Pameran Maluku Fair ini diadakan oleh Pemerintah Kota Ambon dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Ambon yang ke-440. Maluku Fair ini juga merupakan puncak acara “Mangente Ambon” (yang artinya Melihat Ambon) yang menjadi program Pemerintah Kota Ambon untuk mempromosikan potensi wisata di Maluku pada umumnya. Dalam pameran ini, stan Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI masuk ke dalam stan besar Pemerintah Provinsi Maluku yang dikoordinasikan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Maluku.

Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI menyajikan materi dalam pameran tersebut untuk mendukung pariwisata bahari di Provinsi Maluku. Materi disajikan dalam bentuk poster, foto, film dan buku yaitu sebagai berikut: 1) Poster Rehabilitasi Terumbu Karang di Pulau Pombo; 2) Foto-foto potensi wisata bawah air di Ameth, Morela, Pulau Tiga, Tanjung Setan, Pantai Liang, dan Pulau Banda; 3) poster Terumbu Karang di Teluk Ambon; 4) 40 buah buku hasil penelitian Coremap.

Peserta pameran Maluku Fair pun cukup beragam, mulai dari UKM Pulau Buru, hasil wirausaha di Maluku, berbagai rumah makan yang berkontribusi dalam mengenalkan kuliner khas Maluku, ragam komunitas pemuda Maluku, Kepolisian Daerah Maluku, TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara serta masih banyak yang lainnya. Juga dimeriahkan oleh atraksi panggung kelompok musik khas Maluku dan kelompok musik modern. Antusias pengunjung pameran di stan Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI cukup baik. Banyak pengunjung yang menanyakan lebih detail tentang materi yang disajikan. Pengunjung potensial yang mengisi buku tamu di stan Puslit Laut Dalam – LIPI berjumlah 103 orang.

Artikel ini ditulis oleh Humas Puslit Laut Dalam – LIPI (09 September 2015)

Artikel ini diunggah oleh Rini Widihastuti (10 September 2015)

Komentar