Puslit Laut Dalam – LIPI Melakukan Sosialisasi Perlindungan Terumbu Karang

Teluk Saleman yang terletak di Pulau Seram bagian utara, Kabupaten Maluku Tengah memiliki daya tarik bagi wisatawan lokal, nasional maupun internasional karena daerah ini memiliki kondisi alam yang eksotik. Tempat wisata di daerah ini yang sering dikunjungi wisatawan adalah Ora Beach Resort, Roneela Cottage, dan Risar Bahari. Panorama alam yang indah menyebabkan wisatawan yang berkunjung ke tempat ini cukup banyak.

Kondisi ini mendorong sekelompok pemuda dari Negeri (Desa) Saleman untuk melakukan kegiatan “Bersih Lingkungan Wisata Negeri Adat Saleman”, dengan tema kegiatan “Aktualisasi Nilai-Nilai Peduli Lingkungan Wisata bagi Masyarakat Adat Saleman”. Dalam kegiatan ini, Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI diminta sebagai narasumber untuk memberikan wawasan lingkungan bagi masyarakat.

Kegiatan Sosialisasi Lingkungan Laut yang dihadiri oleh sekitar 150 orang dilaksanakan pada tanggal 26 September 2015, jam 20.00 WIT di Dermaga speed boad Negeri Saleman. Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian, Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI, Daniel D. Pelasula, M.Si., memaparkan materi tentang Acanthaster planci (Bintang Laut Berduri) dan cara untuk menanganinya. Sebelum memaparkan materi ini, dilakukan pemutaran film Rehabilitasi Terumbu Karang di Pulau Pombo (telah ditayangkan di MetroTV) dan film Aku dan Terumbu Karang (film Coremap). Antusias masyarakat terhadap materi yang disajikan oleh Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI sangat baik dimana mereka akui bahwa pengetahuan mereka tentang lingkungan laut semakin bertambah dan mereka akan berusaha untuk menjaga lingkungan laut mereka.

Salah satu ekos