Kunjungan Direktur dan Peserta Program Pelatihan Diplomat Internasional Ke-15

Peserta Program Kursus Senior Diplomatik Internasional angkatan ke-15, Kementerian Luar Negeri-RI yang dipimpin oleh Direktur Program, mengadakan kunjungan ke Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2015. Terdapat 21 orang peserta program dan tim dari 9 negara termasuk Indonesia, yaitu Negara Kamboja, Vietnam, China, Timor Leste, Vanuatu, Myanmar, Papua Nugini, dan Sekretariat MSG (Melanesian Spearhead Group). Acara kunjungan diawali dengan perkenalan para peserta program, sambutan dari Direktur Program, Mr. Odo Rene Mathew Manuhutu, dan dilanjutkan dengan sambutan serta presentasi dari Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI, Dr. Augy Syahailatua dengan judul “Marine Research Development in Indonesia-LIPI’s Perspective.” Acara ini juga dihadiri oleh Camat Teluk Ambon, Kepala Desa Hunuth, Danramil Kecamatan Teluk Ambon Baguala dan peneliti maupun teknisi Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI.

Acara kunjungan dilanjutkan dengan penanaman mangrove di daerah Kate-kate, Desa Hunuth, Ambon. Para peserta kunjungan diajak untuk menanam tanaman mangrove sendiri. Jenis mangrove yang ditanam adalah Sonneratia alba, Rhizophora apiculata, Bruguiera parviflora, dan Avicennia officinalis. Sesi penanaman mangrove ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian akan pentingnya tanaman mangrove bagi kehidupan manusia terutama di daerah pesisir. Masyarakat setempat pun diajak untuk berpartisipasi dalam acara tersebut dan disambut dengan antusias oleh Pejabat Daerah terkait dan masyarakat. Dalam hal ini masyarakat diajak untuk berperan serta dalam menjaga kebersihan daerah pesisir agar keberlangsungan hidup tanaman mangrove dapat terjaga dan lestari.

Akhir kunjungan dilakukan di Balai Budidaya Perikanan Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Para peserta kunjungan diajak untuk melihat proses pembibitan dan penumbuhan biota laut bernilai ekonomis seperti kakap putih, kerapu macan dan udang vaname, serta ikan laut hias diantaranya beraneka jenis ikan badut/anemon (clownfish) dan ikan mandarin.

Artikel ini ditulis oleh Humas PPLD-LIPI (20 Oktober 2015)

Artikel ini diunggah oleh Rini Widihastuti (20 Oktober 2015)

Link artikel: http://ambon.antaranews.com/berita/30874/diplomat-senior-kunjungi-lipi-ambon

Komentar