Forum Diskusi Kedeputian IPK LIPI dilaksanakan di Ambon

Dalam mendukung program pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam pembangunan sektor kemaritiman di Indonesia maka Kedeputian IPK – LIPI mengadakan Forum Diskusi dengan tema “Program & Strategi Penelitian Kelautan, Pesisir dan Pulau Kecil; 2015-2025” yang dilaksanakan di Hotel The Natsepa, Ambon pada tanggal 5 – 7 November 2015. Kepala LIPI, Prof. Dr. Iskandar Zulkarnaen turut menghadiri acara tersebut sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Forum Diskusi Kedeputian IPK – LIPI. Hadir pula dalam kegiatan ini Deputi IPK – LIPI, Dr. Zainal Arifin, mantan Deputi IPK – LIPI yaitu Prof. Dr. Ir. Jan Sopaheluwakan dan Prof. Dr. Herry Harjono sebagai narasumber, Ketua PME IPK – LIPI, Dr. Bambang Sriyono serta Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi, Kepala Pusat Penelitian Oseanografi, Kepala Pusat Penelitian Metalurgi dan Material, Kepala Pusat Penelitian Limnologi, dan Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam. Turut serta pula para Kepala Tata Usaha dan Ketua PME masing-masing pusat penelitian.

Rangkaian acara diawali dengan mengelilingi Teluk Ambon menaiki Kapal Badan SAR Nasional dari Dermaga Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI. Teluk Ambon merupakan laboratorium alam yang menjadi objek penelitian LIPI sejak tahun 1970 dimana perlu dikenali lebih dekat oleh peserta Forum Diskusi Kedeputian IPK – LIPI . Setelah mengelilingi Teluk Ambon, rombongan langsung menuju Hotel The Natsepa untuk melakukan registrasi dan persiapan pembukaan acara Forum Diskusi Kedeputian IPK – LIPI.Kegiatan Forum Diskusi Kedeputian IPK – LIPI dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta forum, dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia oleh Daniel D. Pelasula, M.Si., pengantar oleh Deputi IPK –LIPI serta arahan dari Kepala LIPI sekaligus membuka kegiatan Forum Diskusi. Presentasi awal dibawakan oleh mantan Deputi IPK LIPI Prof. Dr. Herry Harjono dengan judul “Tantangan Riset Kelautan”. Hari kedua presentasi materi diawali oleh narasumber Prof. Dr. Ir. Jan Sopaheluwakan bertemakan “Penyeimbang Kekuatan Global, Mendorong Pertumbuhan Maritim, Memajukan Iptek”. Setelah itu diikuti presentasi dari para Kepala Pusat Penelitian di lingkungan Kedeputian IPK – LIPI mengenai perkembangan pelaksanaan kegiatan di masing-masing satuan kerja serta rencana ke depan dalam mendukung riset kelautan.

Pada hari terakhir Ketua PME IPK – LIPI, Dr. Bambang Sriyono melaporkan tentang perkembangan kegiatan dan penyerapan anggaran di tiap-tiap satuan kerja. Penutupan acara dilaksanakan dengan membacakan resume Forum Diskusi oleh Deputi IPK-LIPI yang kemudian dilanjutkan oleh Kepala LIPI yang memberikan arahan serta menutup kegiatan Forum Diskusi Kedeputian IPK-LIPI. Sebelum menuju bandara Pattimura, Kepala LIPI beserta rombongan mengunjungi Balai Budidaya Perikanan Laut Ambon, Kementerian Kelautan dan Perikanan di Desa Waiheru untuk melihat dari dekat kegiatan pelaksanaan budidaya perikanan laut yang merupakan salah satu budidaya perikanan yang baik di Indonesia.

Artikel ini ditulis oleh Humas PPLD-LIPI (11 November 2015)

Artikel ini diunggah oleh RIni Widihastuti (11 November 2015)

Komentar