dsc_0912

Pusat Unggulan Iptek di Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI

dsc_0921Ambon – Dalam rangka penajaman fokus Pusat Unggulan Iptek (PUI) Konservasi Sumberdaya Tuna di Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI bersama dengan Kemenristek-Dikti mengadakan pertemuan beragendakan pelaksanaan asistensi dalam program PUI tahun 2017 yang diadakan pada hari Jumat (17/2) di kantor Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI (P2LD-LIPI) di Ambon.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala P2LD-LIPI, Dr. Augy Syahailatua, para peneliti dan pejabat struktural P2LD-LIPI serta tim ISO P2LD-LIPI. Dihadiri oleh pula oleh 2 (dua) orang staf Kemenristek-Dikti yaitu Bapak Yudho Baskoro dan Ibu Edita Diah T. D.

Acara dimulai dengan pemaparan dari Bapak Yudho Baskoro, M.Si., MPP. mengenai Pusat Unggulan Iptek secara umum. Bahwa terdapat 68 (enam puluh delapan) item unggulan di PUI yang tersebar di 48 item PUI di Lembaga Litbang baik Kementerian maupun non dsc_0911Kementerian dan 20 item PUI di Perguruan Tinggi. Dibahas pula mengenai arah pembinaan kelembagaan yang terdiri dari kapasitas, kapabilitas dan kontinuitas PUI yang didalamnya termasuk penguatan tata kelola organisasi, peningkatan kemampuan sumberdaya manusia, dan dukungan dalam sarana serta prasarana demi terwujudnya capaian kinerja lembaga yang telah ditentukan. Saat ini P2 Laut Dalam-LIPI telah ditetapkan sebaga Pusat Unggulan Konservasi Sumberdaya Tuna yang dicanangkan pada tanggal 22 Desember 2016 sesuai SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 365/M/KPT/2016 tentang Penetapan Lembaga Litbang sebagai Pusat Unggulan Iptek tahun 2016 masuk pada tahapan pembinaan yang difokuskan pada penguatan kapasitas, kegiatan dan dukungan anggaran serta target capaian kinerja.

Pencapaian target sebagai pusat unggulan akan terjadi apabila setiap unsur organisasi P2 Laut Dalam-LIPI saling mendukung, menjalankan komitmen bersama dan bekerjasama serta aktif dalam berkomunikasi dan terbuka dalam setiap permasalahan yang ada guna mencapai solusi yang diinginkan, demikian Bapak Yudho Baskoro memberikan kata penutupnya dalam pertemuan di sesi pertama. Sesi kedua dilanjutkan dengan penjabaran mengenai kontrak insentif PUI 2017, kegiatan-kegiatan yang didukung oleh PUI dan diskusi.

Komentar