teluk-ambon-1

Kegiatan Monitoring Teluk Ambon

teluk-ambon-2Pusat Penelitian Laut Dalam – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melakukan kegiatan penelitian Monitoring Teluk Ambon selama 4 (empat) hari pada tanggal 4 sampai 7 April 2017.  Kegiatan penelitian dilakukan untuk mengungkap dinamika Teluk Ambon secara berkala, baik kondisi fisika-kimia, tingkat pencemaran maupun biota-biota laut yang ada didalamnya.

Dalam aspek Oseanografi (Kimia dan Fisika), Teluk Ambon diukur suhu, salinitas dan keasamannya secara in situ menggunakan CTD (Conductivity Temperature Depth) dan pH meter. Diteliti pula mengenai pencemaran terutama kandungan logam beratnya dengan mengambil sampel sedimen di Teluk Ambon.

Sampel air diambil dengan botol van Dorn pada beberapa tingkat kedalaman untuk dianalisa jenis dan kelimpahan plankton serta kandungan oksigen terlarut (DO) dan nutrient (nitrat, nitrit, fosfat, silikat, dan ammonia). DO dan nutrient diukur di Laboratorium Kimia, Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI dengan menggunakan metode titrasi Winkler dan spektrofotometri UV-Visible. Untuk aspek Biologi diambil sampel biota yaitu Moluska, Bulu Babi, Kepiting, Rumput Laut, Ikan, dan Plankton.

Kegiatan penelitian Monitoring Teluk Ambon melibatkan 7 (tujuh) orang peneliti dan 13 (tiga belas) orang teknisi. Lokasi penelitian yaitu Teluk Ambon Dalam dan Teluk Ambon Luar (wilayah administratif Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah) dan terdapat 18 (delapan belas) stasiun penelitian.

Komentar