img_2680

Pelatihan Manajemen Database dan WEBGIS di Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI

img_2674Ambon – Pelatihan manajemen Database dan WEBGIS bagi tingkat pemula untuk mendukung Pusat Unggulan IPTEK (PUI) Konservasi Sumberdaya Tuna di Pusat Penelitian Laut Dalam (P2LD-LIPI) diadakan pada tanggal 17 – 18 Mei 2017. Kegiatan ini dilakukan untuk turut mensukseskan agenda penelitian terkait konservasi tuna. Peserta pelatihan terdiri dari teknisi dan peneliti P2LD-LIPI, serta beberapa mahasiswa magang dari Fakultas MIPA, Universitas Pattimura. Pada kesempatan kali ini, ada dua narasumber yaitu Sdr. Arif Seno Adji, M.GIS. sebagai pemateri manajemen data spasial, dan Sdri. Rini Widihastuti, SS. sebagai pemateri aplikasi SLiMS pada perpustakaan P2LD-LIPI.

Materi pertama yang diberikan yaitu penjelasan umum mengenai aplikasi Database SLiMS yang dipakai oleh Perpustakaan P2LD-LIPI, cara pemasukan data koleksi Perpustakaan, sampai dengan updating data di dalam aplikasi database olehimg_2643 pustakawan sehingga pengunjung perpustakaan bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara lengkap dan cepat. Dipaparkan kelebihan dan kekurangan dalam aplikasi Database Perpustakaan yang dipakai saat ini. Diharapkan penggunaan aplikasi database perpustakaan dapat menjadikan manajemen Perpustakaan P2LD-LIPI ke arah yang lebih baik, tertib dan disiplin serta kedepannya agar Perpustakaan P2LD-LIPI dapat menjadi pusat rujukan pustaka terutama di bidang kelautan yang mumpuni.

Materi kedua yaitu pelatihan penggunaan GPS (Global Positioning System) hand-held, proses mengolah data GPS dan pemasukan data spasial ke dalam WebGIS (Website Geographic Information System). Tujuannya agar para peserta pelatihan dapat menggunakan dan mengolah data dari GPS ke perangkat komputer serta meningkatkan kemampuan untuk mengelola data spasial dan pembuatan database penelitian.

Komentar