dsc_8466

Kegiatan Open House di Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI

Beragam rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-50 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia digelar oleh Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI, salah satunya adalah kegiatan Open House yang dilaksanakan pada tanggal 12 – 14 September 2017. Sasaran dari kegiatan ini adalah para pelajar di Pulau Ambon agar lebih mengenal tentang Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia terutama Puslit Laut Dalam – LIPI. Kegiatan Open House ini meliputi pameran laboratorium, kunjungan ke perpustakaan, Kapal Riset Baruna Jaya VII, dan ruang koleksi biota laut (Reference Collection).

Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala Puslit Laut Dalam – LIPI, Dr. Augy Syahailatua. Bapak Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI memberi motivasi kepada pelajar tentang pentingnya generasi muda untuk menjadi pribadi yang tangguh, berfikir kreatif dan selalu berinovasi. Hal ini sangat penting untuk dapat menyikapi adanya perubahan yang berlangsung dinamis. Beliau menyebut bahwa, janganlah menjadi strawberry generation – terlihat indah, menawan namun rapuh. Tetapi harus disikapi dengan bijaksana, yaitu menjadi generasi yang kreatif dan tangguh.

Pemberian materi mengenai teknik penulisan karya ilmiah pun diberikan oleh para peneliti P2LD – LIPI kepada peserta Open House khususnya bagi pelajar Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama. “Banyak siswa yang memiliki ketertarikan untuk menulis ilmiah dan mengikuti LKIR (Lomba Karya Ilmiah Remaja) tetapi minim pelatihan cara menulis yang baik dan benar atau cara memilih tema yang sesuai dan menarik,” kata salah satu guru Sekolah Menengah Pertama di Ambon. Kegiatan semacam ini dirasakan sangat banyak manfaatnya khususnya bagi pelajar, oleh karenanya pihak sekolah mengharapkan ada keberlanjutan dengan bentuk semacam pelatihan atau workshop penulisan karya ilmiah di kalangan remaja.

Dan kemudian disusul dengan pengumuman serta penyerahan piagam dan trofi kepada para pemenang lomba essay yang diadakan sejak bulan Mei 2017 lalu. Hasil lomba essay memberikan trofi essay terbaik pertama kepada Emmanuel Brilian Tangka dari SMA Negeri Siwalima Ambon (judul essay “Nodul Poilmetalik dan Cerobong Hidrotermal Potensi Tersembunyi Laut Dalam Maluku”), essay terbaik kedua yaitu Ari Efraim dari Universitas Pattimura (judul essay “Perairan Laut Dalam Maluku Menara Harapan Bangsa dari Ufuk Timur), essay terbaik ketiga adalah Yulinda Ratusehaka dari Universitas Pattimura (judul essay “Menyelamatkan Harta Karun Maluku dari Praktek Ilegal (Illegal Fishing) Melalui Gerakan 4P sebagai Upaya Peningkatan Potensi Sumberdaya Laut Maluku”) serta 3 (tiga) essay Harapan I sampai III yaitu Christian Manase Balubun (Universitas Pattimura), Mitho Wiralentyo Lamere (SMA Xaverius Ambon) dan Yosep Mario Reyaan (Universitas Pattimura).

Materi tentang pengembangan diseminasi hasil-hasil penelitian berbasis website juga dipaparkan oleh sdr. Hanung Agus Mulyadi, M.Si Selaku Kasubbid Diseminasi dan Kerjasama. Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat umum dalam mengakses informasi terhadap hasil-hasil penelitian P2 Laut Dalam – LIPI.

Antusiasme ditunjukkan dengan adanya diskusi ringan antara peserta dan narasumber pada saat kunjungan ke laboratorium maupun ruangan yang lain. “Acara Open House sampai terakhir telah didatangi oleh lebih dari 1000 (seribu) pelajar dari Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak yang ada di Pulau Ambon,” ujar Ketua Panitia HUT ke-50 LIPI di Puslit Laut Dalam – LIPI, Ferdinand Pattipeilohy, S.Pi.

dsc_8125dsc_8087dsc_8161 dsc_8397dsc_8226 dsc_8501 dsc_8519 dsc_8455  dsc_8258 dsc_8235  dsc_8449dsc_8462

Komentar