dsc_6223

Seminar Penelitian Pembuatan Alat Perangkap Sampah di Teluk Ambon

Penelitian dalam rangka membangun perangkap sampah di perairan Teluk Ambon akan dilaksanakan oleh mahasiswa dari Hanze University of dsc_6232Applied Sciences Groningen, jurusan Teknik Sipil yaitu Koen van der Brink dan Rob Dammer. Dengan mengadaptasi perangkap sampah yang terdapat di Rotterdam, perangkap sampah dengan teknologi dan metode yang hampir serupa akan diterapkan di Teluk Ambon dengan memperhatikan material dan kondisi laut yang ada. Hal ini merupakan pengembangan dari pembuatan perangkap sampah yang sebelumnya telah dilakukan oleh mahasiswa dari Universitas Rotterdam pada tahun 2017 lalu. Penelitian mengenai arus, kondisi lingkungan di sekitar perairan, biota laut, dan jenis sampah, sangat diperlukan guna menentukan lokasi dan desain dari perangkap sampah tersebut.

dsc_6220Presentasi perencanaan pembuatan perangkap sampah dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Maret 2018 pukul 10.00 WIT di Ruang Pertemuan P2 Laut Dalam – LIPI. Dihadiri oleh Kepala P2 Laut Dalam – LIPI, para peneliti P2 Laut Dalam – LIPI dan Ibu Irene Sohilay dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Ambon. Dalam presentasinya, Brink mengemukakan beberapa parameter yang menentukan lokasi perangkap sampah diantaranya adalah tidak banyak ikan yang berada di perairan, banyaknya sampah, tidak adanya lalu lintas kapal atau perahu serta area perairannya cukup luas untuk menempatkan “catching arms” dari perangkap sampah ini. Perangkap sampah didesain dengan mempertimbangkan material lokal yang ada dsc_6217dengan biaya yang terjangkau namun memiliki kualitas yang baik serta akan dilengkapi dengan jangkar untuk mengantisipasi hilangnya perangkap sampah dikarenakan arus dan gelombang yang kuat.

Tidak hanya itu, penelitian juga akan berfokus untuk membangun kesadaran masyarakat tentang masalah sampah terutama yang terdapat di laut. Maka, setiap dua minggu sekali akan dilakukan review dan hasilnya akan diunggah ke media sosial karena sampah bukan hanya masalah untuk perairan Teluk Ambon tetapi sudah menjadi masalah global, demikian ujar Dammer dan Brink.

Membentuk kemitraan antara LIPI, Pemerintah Kota Ambon dan Recycled Park of Rotterdam pun dirasa cukup baik guna penanganan maksimal mengenai sampah terutama yang berada di perairan Teluk Ambon dan sekitarnya. Pembuatan perangkap sampah dijadwalkan pada bulan Maret dan April 2018, diharapkan perangkap sampah sudah dapat diturunkan ke perairan Teluk Ambon pada bulan Mei 2018.

Komentar