Kepala LIPI : Kantor P2 Laut Dalam Akan Dipindahkan ke Lokasi Baru

Hari kedua tanggal 13 Agustus 2019 kunjungan kerja Bapak Kepala LIPI Dr. Laksana Tri Handoko di Pusat Penelitian Laut Dalam yang didampingi oleh Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian Dr. Zainal Arifin, Kepala Pusat Penelitian Oseanografi Dr. Augy Syahailatua dan Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam melakukan peninjauan kompleks rumah dinas di Guru-Guru-Poka, Dermaga, Laboratorium Budidaya, dan Rumah Singgah (Guest House).

                     xIMG_20190813_090442    xIMG_20190813_092402 

                                                            xDSC_6118

Selanjutnya Bapak Kepala LIPI meninjau laboratorium yang sekaligus berdialog dengan para peneliti terkait riset yang dilaksanakan. Bapak Kepala LIPI sangat tertarik dengan riset oseanografi fisika, oseanografi kimia, Geologi laut, mikrobiologi, plankton, GIS, Koleksi Rujukan Biola Laut dan Perpustakaan. Akhir peninjauan dengan pemilah secara langsung renovasi ruang kerja di Gedung A yang sementara dilaksanakan.

                       xDSC_6157    xDSC_6222 

                       xDSC_6205    renof 

Akhir dari Kunjungan Bapak Kepala LIPI yaitu melakukan tatap muka dengan seluruh pegawai Pusat Penelitian Laut dalam di Ruang Rapat Bubara.

xDSC_6262Arahan yang disampaikan bahwa P2 Laut Dalam harus memperhatikan infrastruktur riset termasuk Kapal Riset. Pendanaan Kapal Riset baru yang bersumber dari multi faunding, perlu juga dipikirkan perawatannya dan para peneliti harus dapat memanfaatkan 300 hari layar yang direncanakan pertahun untuk kegiatan riset laut dalam. Untuk big science, kita juga harus membangun kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri yang selevel dengan kepakaran dan jam terbang yang tinggi, sekaligus kita belajar dari mereka. Secara Khurus, P2 Laut Dalam, P2 Oseanografi dan P2 Geoteknologi perlu berkolaborasi untuk pikirkan kerjasama dengan institusi asing.

Disampaikan juga bahwa Kompleks LIPI di Rumah Tiga akan diserahkan ke Universitas Pattimura. Lahan kantor LIPI di Ambon juga akan diserahkan ke Pemda Provinsi Maluku dan kita akan merencanakan pembangunan kantor baru di lokasi lain di Pulau Ambon sehingga bila ada kapal baru yang tingginya sekitar 36 meter, tidak menimbulkan masalah dengan Jembatan Merah Putih. Alasan lain yang disampaikan bahwa lokasi kantor LIPI di Ambon dibelah oleh jalan raya dan pada dataran tinggi di kompleks rawan longsor. Rencana pembangunan kantor baru akan dilaksanakan tahun 2021.

P2 Laut Dalam harus mempunyai perwakilan di Jakarta untuk memudahkan pengurusan masalah riset dan penggunaan kapal riset.

 

Humas LIPI

Kawasan P2 Laut Dalam

 

Komentar