BJ Habibie-1

PERHATIAN B. J. HABIBIE TERHADAP LIPI DI AMBON

DCIM100MEDIADJI_0002.JPG

Habibi-050585-1Prof. DR. B. J. Habibie selama menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi RI sangat memperhatikan perkembangan Iptek di Kawasan Timur Indonesia khususnya di Maluku. Komitmen perhatiannya ditunjukan dengan seringnya berkunjung ke Ambon dengan salah satu agendanya memberi wawasan Iptek kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Secara khusus Prof. DR. B. J. Habibie mengunjungi Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI sebagai salah satu lembaga riset di Kawasan Timur sebanyak dua kali. Kunjungan pertama dilakukan Habibie-1pada tanggal 5 Mei 1985 yang saat itu berstatus Stasiun Penelitian Ambon, Lembaga Oseanologi Nasional – LIPI (SPA LON-LIPI).  Prof. DR. B. J. Habibie mendorong untuk meningkatkan kegiatan
Habibie-2 riset khususnya riset kelautan di KTI. Salah satu dampak dari kunjungan ini adalah status SPA LON-LIPI mengalami peningkatan menjadi Balai Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Laut dan mengalami peningkatan anggaran penelitian. Dalam kunjungan ini, Prof. DR. B. J. Habibie yang didampingi oleh Ibu Hasri Ainun Habibie melihat fasilitas dan kegiatan riset yang dilaksanakan.

Habibie 042991-4Kunjungan kedua dilakukan pada tanggal 29 April 1991. Kedatangan Prof. B. J. Habibie diterima langsung oleh Kepala LIPI Prof. Dr. Samaun Samadikun di Pusat Penelitian Laut Dalam (saat itu Balai Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Laut). Disamping memberikan arahan kepada seluruh sivitas, Prof. Dr. B. J. Habibie juga mengunjungi fasilitas riset dan melihat langsung penelitian yang dilaksanakan oleh para peneliti. Dampak dari serangkaian kunjungan ini, P2 laut Dalam mengalami peningkatan sarana dan prasarana penelitian serta meningkatnya anggaran penelitian.

       Habibi-042991-1 Habibi-042991-2

Humas Kawasan

P2 Laut Dalam-LIPI

Komentar