DPR RI MENDORONG PENINGKATAN FASILITAS RISET DI PUSAT PENELITIAN LAUT DALAM –LIPI

DPR RI-1 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia berkeinginan melakukan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, akademisi dan masyarakat dengan melakukan peningkatan fasilitas riset secara masif mulai tahun 2021, termasuk melengkapi berbagai infrastruktur riset  yang dapat dipakai bersama di Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI. Hal ini merupakan salah satu pesan dari Kepala LIPI Bapak Dr. Laksana Tri Handoko yang disampaikan melalui Plt. Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI Bapak Dr. Nugroho D. Hananto saat kunjungan Saadiah Uluputty, S.T. anggota DPR RI Komisi VII dari Fraksi PKS di P2 Laut Dalam-LIPI pada hari Kamis, 13 Agustus 2020, jam 10.00 WIT. Pesan lain dari Bapak Kepala LIPI adalah LIPI juga sedang mencari telenta lokal, khususnya yang telah S3 untuk direkrut sebagai peneliti di berbagai bidang. P2 Laut Dalam direncanakan sebagai pusat unggulan, tidak hanya untuk Indonesia Timur tapi juga secara nasional.

Plt. Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI Bapak Dr. Nugroho D. Hananto mempresentasikan kepada Anggota DPR RI Saadiah Uluputty, S.T. terkait profil P2 Laut Dalam dan rencana program penelitian P2 Laut dalam kedepan.

Saadiah Uluputty, S.T. menyampaikan bahwa LIPI sebagai ujung tombak iptek di Maluku perlu memperhatikan isu strategis nasional dan di Maluku terkait pemanfaatan potensi sumberdaya laut dalam. Laut terdalam di Indonesia ada di Maluku sehingga perlengkapan penelitian perlu ditingkatkan. Hal ini sudah di sampaikan Kem  enristek agar perlengkapan penelitian di P2 Laut Dalam perlu di perhatikan dengan mengalokasikan dana yang memadai. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah isu terkait bencana seperti gempa, tsunami, ikan mati dan lain-lain. Diharapkan kajian yang dilaksanakan oleh P2 Laut Dalam diharapkan dapat dijadikan rekomendasi kepada pemerintah dan stake holder agar dapat dikembangkan untuk pemanfaatannya untuk kesejahteraan masyarakat.

Saadiah Uluputty, S.T. juga mengharapkan agar P2 Laut dalam dapat mengungkap potensi energy baru dan terbarukan karena di Komisi VII DPR RI sementara menyusun RUU EBT. Salah satu sumber energy di Maluku adalah air, angin, matahari dan panas bumi, diharapkan LIPI dapat melakukan kajian ini. Hal lain yang diharapkan adalah adanya peran serta LIPi dalam peningkatan kualitas lingkungan hidup karana sudah menjadi kesepakatan internasional dalam menjaga ekosistem yang harmoni.

Akhir kegiatan pertemuan dilakukan pertukaran cinderamata yang salah satunya berupa eBook Jenis-Jenis Karang di Perairan Teluk Ambon yang ditulis oleh Roberth Alik. Setelah melakukan pertemuan,  Saadiah Uluputty, S.T. mengunjungi  laboratorium yang ada di Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI.

Humas LIPI
Kawasan P2 Laut Dalam

Berita terkait :

 
Saadiah Uluputty janji bahas kebutuhan P2LD-LIPI Ambon dengan Menristek
Saadiah Uluputty: P2LD Ambon harus optimalkan penerapan hasil penelitian
P2LD-LIPI tak miliki biosafety cabinet keamanan ekstraksi COVID-19

Komentar