DEPUTI IPK LIPI KUNJUNGI P2 LAUT DALAM

Deputi IPK LIPI Bapak Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc.
Deputi IPK LIPI Bapak Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc., Dr. Nugroho Dwi Hananto, & Dr. Augy Syahailatua

Deputi  Ilmu p Pengetahuan Kebumia LIPI Bapak Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc. melakukan kunjunagn kerja di Pusat Penelitian Laut Dalam – LIPI di Ambon. Agenda kunjungan kerja Deputi IPK-LIPI tanggal 5 -7 November 2020 antara lain melakukan tatap muka dengan pegawai satuan kerja (satker) P2 Laut Dalam dan pegawai kawasan di P2 Laut Dalam serta meninjau sarana-prasarana di Kampus P2 Laut Dalam. Deputu IPK yang baru pertama kali mengunjungi P2 Laut Dalam ini didampingi oleh Kepala P2 Oseanografi Bapak Dr. Augy Syahailatua dan diterima langsung oleh Plt. Kepala P2 Laut Dalam Bapak Dr. Nugroho Dwi Hananto.

Fasilitas yang dikunjungi di kampus P2 Laut Dalam adalah rumah dinas di Rumah Tiga, lahan di Desa Poka, Dermaga LIPI, Ruang Reference Collection, Laboratorium Plankton, Laboratorium Microbiologi, Laboratorium Geologi, Laboratorium Kimia, Perpustakaan, dan Laboratorium Fisika Oseanografi. Dalam kunjungan ini Deputi IPK LIPI mendorong untuk meningkatkan kualitas peralatan analisa agar hasilnya penelitiannya lebih baik lagi. Secara khusus yang menjadi perhatiannya adalah peralatan analisa yang ada di laboratorium Mokrobiologi dan Kimia supaya perlu ditambahkan dan peningkatan kualitasnya serta penelitian yang dilaksanakan jangan di permukaan saja tapi harus lebih dalam lagi agar dapat menghasilkan informasi dari laut dalam. Hal lain yang menjadi perhatiannya juga adalah membangun kerjasama dengan lembaga riset nasional maupun internasional dalam melakukan penelitian laut dalam. Selama kunjungan di laboratorium, para peneliti memberikan penjelasan terkait peralatan dan kegiatan yang dilakukan.

Di Lab Plankton

Deputi  IPK LIPI Bapak Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc. sebelumnya menjabat sebagai Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat di Kementerian Riset dan Teknologi pada tanggal 6 November 2020 jam 14.00 WIT melakukan tatap muka dengan seluruh pegawai satker P2 Laut Dalam dan pegawai kawasan yang ada di P2 Laut Dalam. Tatap muka ini diikuti oleh peneliti yang sementara melaksanakan tugas belajar di luar negeri melalui zoom meeting.

Di lab Oseanografi Fisika

Dalam arahan disampaikan bahwa beliau akan mendukung peneliti untuk melanjutkan studi, bahkan beliau bersedia sebagai pembimbing. Hal ini merupakan satu komitmen serius dalam memperhatikan pengembangan sdm khususnya para peneliti.

Kunjungan Deputi IPK LIPI kali ini untuk mengambil keputusan tentang status P2 Laut Dalam. Deputi IPK optimis bahwa P2 Laut Dalam perlu dikembangkan agar dapat menjadi lembaga riret berkelas dunia. Hal penting yang perlu di perhatikan adalah produtifitas riset yang bisa menghasilkan berapa publikasi (buku dan jurnal ilmiah), paten, dan kekayaan intelektual. Beliau juga menekankan, adakah dampak dari riset yang dilakukan, berapa banyak orang yang mensitir tulisan para peneliti, serta dampak penelitian terhadap masyarakat harus terukur sehingga bisa menjadi lembaga riset excellence. Deputi IPK juga menyampaikan kebijakan riset nasional yang perlu menjadi perhatian kita yaitu : penyiapkan teknologi tepat guna untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat; Peningkatan nilai tambah; Inport subtitusi dan produk local; dan Frontier teknologi harus kita yang lakukan, jangan orang luar yang lakukan.

Foto bersama dengan para pegawai
Komentar