SIVI-GO (Sivitas Terindeks Global) di P2 Laut Dalam-LIPI

Sivitas di lingkup Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI, yang mengambil jabatan fungsional peneliti mempunyai kewajiban mempublikasikan hasil penelitian. Publikasi hasil penelitian yang di lakukan oleh setiap sivitas peneliti dapat berupa jurnal, prosiding, poster, majalah semi popular maupun dalam bentuk yang lain.  Hal ini merupakan kontribusi nyata masing-masing sivitas dalam upaya menyebarluaskan hasil penelitian kepada komunitas ilmiah maupun kepada masyarakat secara luas.

Majalah semi popular Lonawarta dan terbitan khusus Perairan Maluku dan sekitarnya, merupakan contoh sarana menulis bagi setiap sivitas. Meski belum terindeks global, keberadaan media publikasi ini membantu para sivitas muda dalam belajar meningkatkan bakat menulisnya.

lonawarta-cover1    lonawarta-cover

Dalam upaya menghimpun data setiap sivitas di lingkup P2 Laut Dalam-LIPI yang telah berkontribusi dalam melakukan publikasi, digunakan pendekatan indeks yang telah disepakati di tingkat LIPI secara koorporat yaitu menggunakan pendekatan indeks google scholar. Penggunaan indeks google scholar secara teknis terdiri dari dua indeks yaitu h-indeks google scholar dan i10-indeks google scholar

Narasi, konten Oleh: Hanung Agus Mulyadi